Senin, 30 Desember 2013

Laporan Pertanggung Jawaban Kegiatan Bakti Sosial



Laporan Pertanggung Jawaban
Kegiatan Bakti Sosial dan Pengabdian Masyarakat “BASOKA (Bakti Sosial Himanika)
Tahun 2013

1.      Pendahuluan

Perguruan tinggi tidak hanya sebagai sarana untuk belajar tapi juga sebagai sarana mengeekspresikan ide dan gagasan. Perguruan tinggi memberikan sarana dan faslitas untuk menyalurkan ide dan kreativitas secara maksimal.
Kami mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik khususnya Jurusan Ilmu Komunikasi belum lama ini telah mendirikan sebuah organisasi yang bernama Himanika yang diprakarsai oleh teman-teman Himanika yang berada di Malang.
Karena di Universitas Brawijaya Kampus IV yang ada di Kediri ini masih tiga angkatan dan yang lebih banyak adalah jurusan Ilmu Komunikasi, anggota dari Himanika tidak hanya mahasiswa ilmu komunikasi semester 1, 3, dan 5 saja namun juga merangkul mahasiswa jurusan HI (Hubungan Internasional) dan juga yang paling baru adalah Psikologi.
Himanika didirikan untuk melatih mahasiswa dalam berorganisasi di lingkup kampus. Di dalam Himanika terdapat beberapa Job Design, diantaranya ada Ketua, Sekretaris, Bendahara, divisi HUMAS (Hubungan Masyarakat), Divisi KOMAS (Komunikasi Massa), Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia), Divisi MKP (Manajemen Komunikasi Pemasaran). Masing-masing dari divisi tentunya memiliki program kerja masing-masing yang memiliki prospek untuk kedepannya tentang Himanika sendiri dan juga anggota-angota yang terdaftar sebagai anggota himpunan maupun masyarakat umum dari jurusan Ilmu Komunikasi dan juga FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).
Kegiatan pertama dari Himanika adalah Bakti Sosial yang merupakan program kerja dari Divisi Humas. Event pertama ini adalah merupakan salah satu wafah untuk memperkenalkan Himanika secara khusus dan memperkenalkan juga Universitas Brawijaya Kampus IV yang ada di Kediri. Namun tidak hanya memperkenalkan diri, kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian Himanika kepada saudara-saudara yang masih kurang beruntung di luar sana.
Acara ini tidak hanya di isi dengan mmeberikan bantuan berupa sembako, namun juga pakaian layak pakai, penyuluhan tentang kebersihan karena saat ini sedang musim hujan, pemberian tempat sampah di sepuluh tempat umum di desa Jugo, nonton bareng film laskar pelangi dan sedikit motivasi kepada anak-anak SD kelas 6 yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional, pemberian buku latihan soal-soal dan alat tulis.



2.      Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan bakti sosial ini bernama BASOKA (Bakti Sosial Himanika) dengan tema “Spirit Himanika for Jugo 2013” merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam organisasi mahasiswa yakni Himanika. Kegiatan ini mengambil tema Spirit Himanika for Jugo 2013 didasarkan atas semangat teman-teman Himanika yang peduli dengan saudara-saudara kita yang masih kurang beruntung dibanding dengan kita yang bisa merasakan kehidupan yang lebih layak di Kota. Kegiatan ini juga dilandaskan atas  jiwa sosial yang dimiliki oleh kami para mahasiswa, untuk saling bahu-membahu membentu saudara kita yang masih kesusahan.

3.      Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan kami menyelenggarakan acara ini adalah sebagai berikut :
Ø  Maksud diadakannya kegiatan bakti sosial ini adalah :
1.      Melaksanakan program kerja dari Divisi Humas Himanika Universitas Brawijaya Kampus IV Kediri
2.      Sebagai salah satu cara bagi mahasiswa untuk bersosialisasi kepada masyarakat minoritas di wilayah Kediri
3.      Menyalurkan wujud pengabdian dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya saling berbagi dengan sesama.
Ø  Tujuan diadakannya kegiatan bakti sosial adalah :
1.      Untuk meningkatkan kepedulian dan rasa sosial terhadap kondisi masyarakat pedesaan yang main hari makin memprihatinkan, baik dari kebutuhan ekonomi, pengetahuan, maupun dari segi lapangan pekerjaan.
2.      Terciptanya masyarakat yang peduli terhadap sesama
3.      Melaksanakan diskusi lintas budaya antara masyarakat terdidik dengan masyarakat awam, khususnya dalam proses transformasi pendidikan melalui program-program bakti sosial.
4.      Mengadakan pendekatan psikologis dan memberikan semangat perubahan dan rasa penerimaan masyarakat Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri terhadap keterbatasan da kekurangan yang terjadi saat ini, dan mengarahkan masyarkat menuju sifat reflektif dan inovatif untuk menumbuh kembangkan semangat kemandirian dalam bingkai kekeluargaan.



4.    Waktu dan Tempat

Hari / Tanggal             : Sabtu 21 Desember 2013
Tempat                        : Kantor Kelurahan Desa Jugo Besuki Kecamatan Mojo                      Kabupaten Kediri
Waktu                         : satu hari ( pukul 09.00 sampai 17.00)

5.    Peserta kegiatan
Adapun peserta dari kegiatan ini adalah seluruh anggota Himanika, mulai dari inti hingga divisi-divisi Himanika. Selain itu juga banyak partisipan yang juga berasal dari kelas Ilmu Komunikasi semester 5, semester 3, dan semester 1. Selain itu juga dari jurusan Psikologi, Ilmu Keperawatan, FEB, FIA, FH, dan HI. Daftar peserta yang mengikut bakti sosial akan di jelaskan pada lampiran.
6.    Susunan Kepanitiaan

Pelindung                    : Desy Dwi Prianti, S.Sos,. M.Comn
                                                  Pembimbing AkademikIlmu Komunikasi
Penasehat                    : Fitria Avicenna
                                                  Asisten Dosen Ilmu Komunikasi
Penanggung Jawab      : Iman Teguh Pambudi
                                                   Ketuan Himanika UB Kampus IV Kediri

PANITIA PELAKSANA
Ketua Panitia               : Candra Novitasari
Sekretaris                     : Agustina Wulansari
                                                  Mochammad Adi Surahman
Bendahara                   : Rosalia Puspitasari
                                                  Luthfita Elyasa Septiani
Sie Kesekertariatan     : Aprichyrlia Puspitasari
                                                  Yudha Elylyng Desiani
                                                  Marsha Nabila
                                                  Chalista Krisna L.
                                                  Agnesya cahya Rizkita
Sie Humas                   : Anik Latifah
                                                  Sendhy Wuryaning Palupi
                                                  Amelia Yuhana Prativi
Sie Perlengkapan         : Zaim Azis
                                                  Fuad Yusuf Jatikusuma
                                                  Putu Winggih D.
                                                  Ricky Sabastian
                                                  Yoshua Widya Dharma
                                                  Achmad Taufik Akbar
                                                   Satria Wahyu Alfitzar
Sie Konsumsi              : Yulanda Korimesinta
                                                   Maria Ocsiana Jeni
                                                   Roki M. Iqbal
                                                   Kartika Tugiyo Putri
Sie Pubdekdok                        : Moch. Candra Afur Saeroji
                                                   Rezika Nirmala Zodiake
                                                  Ajeng Megawati
                                                  Trio Willy Saputra
Sie Acara                     : Ganis Chiquita Larissa
                                                   Elin Femila Nuresti
                                                   Hillarius Luahta Sembiring
                                                   Nurcahya Utama

7.      Rincian penggunaan dana

a.      DANA KAMPUS

Pemasukan
Pengeluaran
Keperluan
Nominal
Dana Kampus

BASOKA
Rp 1.000.000,00

Kesekertariatan
-          Print Proposal
-          Print kupon untuk pengambilan baju bekas
Rp       12.000,00

Rp       25.000,00
-          ID Card
Rp     222.000,00
Publikasi dan Dokumentasi
-          Spanduk
Rp     140.000,00
-          Cetak foto untuk arsip Himanika
-          DVD dan tempat
Rp       65.000,00


Rp       15.000,00
-          Poster
Rp       20.000,00
Perlengkapan
-          Sewa Pick Up
-          Bensin Mobil Pick Up
Rp     400.000,00

Rp     100.000,00
Sisa Anggaran
Rp          1.000,00

Keterangan :
·         Kesekertariatan
-          Print Proposal dilakukan sebanyak 2 kali @ 6.000 plus bandel
-          Print Kupon untuk pengambilan baju bekas warga Jugo sebanyak 200 kupon.
-          ID Card cetak surya Digital Printing Rp 152.000,00 untuk 50 lembar
-          Beli tali dan mika untuk ID Card di Tamara Stationery total Rp 222.000,00 :
Ø  4 ikat Tali @ Rp 9.500,00                   = Rp 38.000,00
Ø  2 pak Mika @ Rp 16.000,00               = Rp 32.000,00

·         Publikasi dan Dokumentasi
-          Cetak Foto                                          Rp 65.000,00
-          DVD dan tempat untuk arsip             Rp 15.000,00
-          Poster ditempel di mading kelas IPA 2 dan IPS 2

·         Perlengkapan
-          Sewa pick up untuk angkut barang (Sembako, tempat sampah, baju bekas), antar jemput anak-anak SD serta mengantarkan warga ke rumah.
-          Karena pick up tidak cukup untuk membawa barang-barang, konsumsi, sound diangkut oleh mobil tambahan sehingga diberi uang bensin Rp 100.000,00

b.      DANA SUMBANGAN

Total uang yang diperoleh
Rp 6.377.050,00
Beras 200Kg
Rp 1.700.000,00
Gula 104Kg
Rp 1.040.000,00
Minyak goreng 52 liter
Rp    676.000,00
Mie goreng + rebus (214 bungkus)
Rp    373.000,00
Raffia
Rp        6.000,00
Solasi& Dobletip
Rp      11.000,00
Tempat Sampah (@35000x10)+Ongkir+Cat
Rp    420.000,00
52 Buku UAN + 52 pensil + 52 penghapus
Rp 1.252.300,00
Hadiah Games (buku 4 lusin, 4kotak pensil, 4 pacs pulpen)
Rp    117.200,00
Plastik + Pita
Rp      26.000,00
Konsumsi
Rp    400.000,00
Kardus (@500x102)
Rp      51.000,00
Print kupon (@1500x22)
Rp      33.000,00
Sertifikat panitia dan partisipan 50 orang
Rp    250.000,00
Sewa DVD film (3DVD)
Rp      11.500,00
Scan nota (untuk lampiran)
Rp      10.000,00
Jumlah
50

Keterangan :
-          Per orang mendapatkan 75 ribu (sembako)
Beras 4kg                    =  Rp 34.000,00
Gula 2kg                     =  Rp 20.000,00
Minyak                        =  Rp 13.000,00
Mie goreng + rebus     =  Rp   7.000,00
Kardus                                    =  Rp   1.000,00
Total                            =  Rp 75.000,00 x 50 orang =  Rp 3.750.000,00

-          Penambahan 2 paket sembako (menjadi 52 orang) 19 Desember 2013
Beras 8kg                    = Sumbangan (beras 8kg tanggal 19 Desember 2013)
Gula 4kg                     =  Rp 40.000,00
Minyak goreng 2liter   =  Rp 26.000,00
Mie goreng (2000x4)  =  Rp   8.000,00
Mie rebus  (1500x10) =   Rp 15.000,00
Kardus                        =   Rp   1.000,00  +
                                         Rp 90.000,00
                               
Target panitia memberikan 50 paket sembako, namun karena sumbangan dari tanggal 19 Desember terus bertambah, maka panitia sepakat untuk menambahkan 52 paket sembako. Meskipun 2 paket sembako tersebut belum terdata , kami pihak panitia menyerahkan sembako tersebut ke pengurus kelurahan Desa Jugo untuk memberikan kepada orang yang membutuhkan lainnya. Pada saat acara berlangsung kelurahan desa Jugo menambah 1 orang menjadi 51 orang tanpa mengkonfirmasi pihak panitia sehingga sisa 1 paket sembako yang diserahkan kepada warga yang kurang mampu lainnya.

8.      Faktor Penghambat dan Pendukung Acara
a.      Faktor Pendukung
Sukses atau  tidaknya acara bakti sosial dan pengabdian masyarakat ini bergantungpada dukungan dari smeua pihak yang terlibat mulai dari pihak kampus, jurusan, dosen, panitia, mahasiswa, dan peserta.

-          Dukungan dari pihak kampus
Dukungan dari pihak kampus yang diwakili oleh jurusan sangat besar untuk mensukseskan acara bakti sosial ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya subsidi yang diberikan oleh pihak kampus sehingga dana yang dipelukan untuk acara ini tidak terlalu berat.


-          Dukungan dari para mahasiswa
Tentunya dana yang digunakan untuk acara bakti sosial ini tidak sepenuhnya dari kampus, namun juga berasal dari sumbangan para mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV Kediri yang sangat besar bahkan diluar dari ekspetasi panitia. Tidak hanya dalam bentuk uang, nemun mereka juga memberikan bantuan berupa pakaian yang masih layak pakai, beras. Banyak dari fakultas atau bahkan jurusan lain yang ikut berpartisipasi dalam acar ini. mereka membantu pekerjaan panitai saat berada di lokasi bakti sosial sehingga acraa berlangsung lebih cepat.

-          Dukungan dari Kepala Desa dan perangkat desa Jugo
Kepala desa Jugo sangat memebrikan dukungan dan izin atas terselenggaranya kegiatan ini. dan para staff juga membantu memberikan data dan bahkan mengantar kami langsung ke tempat penduduk yang tidak mampu untuk melihat keadaan mereka yang sesungguhnya.

-          Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan ini cukup baik. Untuk perjalanan menuju lokasi dan membawa barang-barang bakti sosial kami menggunakan pick up milik salah satu mahasiswa dan menggunakan tambahn satu mobil karena pick up tidak muat untuk mengangkut barang yang terllau banyak. Sisanya, bagi para panitia dan peserta naik motor pribadi. Dari pihak kelurahan Jugo sendiri juga menyediakan tempat untuk kami melakukan bakti sosial, wireless, kursi, dan karpet. LCD yang kami bawa merupakan milik dari salah satu mahasiswa, jadi lebih mempermudah jalannya pemberian sosialisasi kebersihan pada masyarakat. Selain itu, pihak kelurahan Jugo juga memberikan kami tempat untuk menginap apabila tidak memungkinkan kami untuk turun gunung apabila hujan lebat. Para panitia menggunaan nametag agar dapat dikenali apabila memerlukan bantuan, dan bagi para peserta maupun panita menggunakan jaket Unibversitas Brawijaya.

-          Profesionalitas Panitia
Meskipun panitia baru pertama kali mengurus acara, namun profesionalitas panitia sudah bisa dibilang baik. Semua kendala bisa diatasi dengan baik. Panitia yang katif benar-benar bekerja secara maksimal demi kelancaran acara Bakti Sosial.

b.      Faktor Penghambat
-          Data baru yang tidak di konfirmasikan dengan panitia
Terdapat beberapa data baru yang diganti oleh staff kelurahan dan itu tidak dikonfirmasikan kepada panitia. Sebelumnya, panitia telah mengambil data penduduk yang tidak yang telah disiapkan oleh staff keluarahan dan menyalinnya. Pada saat acara, dan saat diabsen ternyata tidak sedikit nama yang yang tidak sesuai dengan data yang dibawa panitia, dan ada beberapa data baru pengganti yang namanya tidak dilaporkan kepada panitia. Selain itu juga ada data orang yang tidak masuk dalam data namun orang tersebut datang dan hal ini membuat panitia kesusahan dalam membagikan kupon.
-          Sarana transportasi
Awalnya panitia hanya menyiapkan satu pick up untuk mengangkut barang-barang. Namun saat hari H ternyata pick up tidak muat, karena di dalamnya sudah mengangkut tempat sampah yang ukurannya besar yang berjumlah sepuluh, baju-baju bekas layak pakai yang jumlahnya sangat banyak, sembako yang jumlahnya juga cukup banyak. Buku-buku untuk anak-anak SD. Kunci pick up sempat hilang dan membuat panik panitia, namun akhirnya ketemu. Akhirnya panitia menambah satu mobil lagi untuk mengangkut konsumsi panitia, karpet, konsumsi anak-anak SD, proyektor. Saat di lokasi, panitia kebingungan untuk membuang sampah sisa makanan. Akhirnya panitia membawa kembali sampah-sampah ke Kediri dan dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) agar tidak mengotori kantor keluarahan.

9.    Gambaran Kegiatan

a)      Laporan pertanggung jawaban oleh sie Acara

Waktu
Keterangan
06.30 – 07.15
Berangkat dari BKD
07.15 – 07.45
Penurunan barang-barang dari pick up dan mobil
07.45 – 08.30
Absensi oleh panitia kepada penduduk penerima bakti sosial
08.30 – 08.40
Pembukaan dan pemberian tempat sampah secara simbolik dari ketua Himanika kepada Kepala Desa Jugo.
08.40 – 08.50
Sambutan dari Ketua Pelaksana
08.50 – 09.00
Sambutan dari si Acara Nur Cahya
09.00 – 09.15
Penyuluhan tentang kebersihan, karena sekarang sedang musim hujan
09.15 – 11.10
Pembagian sembako dan kupon untuk pengambilan baju bekas.
11.10 – 12.15
Mengantar penduduk yang datangs endiri dan rumahnya jauh. Menggunakan pick up dan ada yang diantar pake motor. Membagikan kepada penduduk yang saat itu tidak datang. Tim langsung terjun ke lokasi atau tempat tinggal penduduk yang menerima bakti sosial.
12.15 – 13.00
Ishoma, evaluasi sebentar.
13.00 – 14.30
Menjemput anak-anak SD untuk nonton film di tiga tempat yang berbeda.
14.45 – 16.00
Nonton film, games, ice breaking.
16.00 – 16.15
Pembagian buku latihan soal (bingkisan) kepada anak-anak SD dan foto bersama.
16.15 – 16.50
Mengantar anak-anak SD kembali ke SD nya dan panitia yang ada di kantor keluarahn mulai bersih-bersih dan mengambilkan barang-barang ke tempat semula. Mengankut barag kembali ke mobil dan kemudian menutup kembali kantro desa.
16.50 – 17.05
Evaluasi sebentar dan jargon.
17.05
Berangkat pulang dan membawa sampah bekas konsumsi untuk du buang di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Kota.

Ø  Keterangan :

Terjadi kemoloran saat berangkat, karena pick up yang semual sudah di koordinir untuk bisa mengangkut semua keperluan disana, ternyata tidak mampu dan akhirnya mendadak harus menggunakn satu mobillagi untuk mengangkut barang yang masih tersisa.
Saat panitia dan seluruh relawan sampai, disana ternyata para penduduk yang hendak menerima bakti sosial sudah banyak yang berkumpul. Saat itu, panitia meresa sangat senang dengan antusias penduduk yang begitu gembira dengan kedatangan kami di desa mereka. Panitia beserta relawan langsung bergegas untuk menurunkan barang-barang sembako dan menata di dalam ruangan. Bagian yang bertugas untuk mensortir baju-baju layak pakai telah membuka stan di belakang dan segera menata gara mudah dipilij nantinya.
Acara sambutan yang dilakukan oleh perwakilan dari HIMANIKA, yaitu Nur Cahya Utama dan ketua pelaksana Candra Novitasari. Kemudian dilakukan acara simbolis penyerahan sembako dan tempat sampah kepada kpala Desa Jugo.
Sedikit penyuluha tentang menjaga kebersihan di musim hujan oleh si Acara kepada para penduduk, lalu dilanjtkan dengan  absensi oleh sekertaris untuk mengecheck data.
Pembagian sembako dan baju-baju layak pakai. Acara di sesi pertama berlangsung lebih cepat dari pada rundown acara yang telah disusun. Dan ini berkat kerja sama antar tim yang kompak dan para relawan yang telah banyak membantu. Para relawan membantu dengan membawakan sembako sampai ke depan kantor desa dan juga ada yang mengantarkan sampai ke rumah karena mereka datang sendiri.
Setelah ishoma, kemudian pick up yang dikendarai oleh Pratama Tinggang melaju untuk menjemput anak-anak SD. Setelah berkumpul mereka satu-persatu di absen oleh sekretaris dan mulai untuk menonton film. Karena ada sedikti trouble, maka di tengah-tengah disc pertama di potong, sambio menunggu anak-anak di ajak untuk ice breaking dengan menyanyi dan menari yang dipimpin oleh MC Rezika Nirmala dan Sendhy Wuryaning Palupi, serta menari bersama Agustina Wulansari.
Setelah itu, lanjut nonton film sampai selesai. Kemudian sedikit motivasi dan games seputar film Laskar Pelangi yang tadi telah mereka tonton. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian bingkisan berupa buku latihan soal-soal untuk ujian nasional dan juga pembagian susu untuk bingkisan.
Kemudian, setelah semuanya selesai panitia melakukan evaluasi sebentar dan jargon. Lalu kembali pulanh ke Kediri.

Ø  Kekurangan
Saat awal acara, si Acara yang bertindak sebagai MC mengalami kendala bahasa. Penduduk yang datang tidak bisa atau tidak memahami bahasa Indonesia. Sehingga harus belajar bahasa jawa krama dengan kilat.
Saat penyuluhan, si Acara melihat bahwa penduduk yang memang sebagian besar adalah lansia, tidak bisa nyambung dengan apa yang di sampaikan oleh si acara. Akhirnya, si acara menghentikan penyuluhan, dan mempercepat apa yang di sampaikan.
Saat sekertaris melakukan absensi, ada data yang tidak sama dengan yang dipegang oleh sekertaris. Data tersebut sebelumnya di dapat sekertaris H-7 sebelum acara. Dan tidak sedikit nama yang salah tulis. Itu dikarenakan tulisan yang tidak jelas yang diberikan oleh pihak kelurahan. Selain itu, ada data yang tidak sama, dan ternyata data tersebut baru dan tidak di konfirmasikan kepada panitia jauh-jauh hari.
Pada saat setelah ishoma, banyak yang pulang termasuk dari panitia dan relawan. Hal ini dikarenakan acara BASOKA berbenturan dengan Krima Inagurasi yang dilaksanakan oleh Universitas. Akhirnya panitia berkurang, dan banyak kahirnya yang membantu tugas si Acara.
Saat nonton film, terjadi kendala kaset yang putar macet. Dan memakan waktu lama untuk membetulkan. Akhirnya diisi dengan ice breaking agar tidak bosan. Sudah memakai 3 laptop akhirnya tetap tidak bisa. Dan pada akhirnya di lanjutkan dengan disc 2. Namun, anak-naka masih bisa menangkap pesan di film itu.
Ø  Saran
Seharusnya, lebih diperhitungkan secara matang untuk transportasi agar tidak terjadi kendala. Selain itu, juga mengahrgai waktu untuk selalu on time. Penguasaan bahsa jawa harus lebih diperdalam lagi agar tidak menjadi kendala yang berarti lagi. Data harus di kroscek lagi dan dikomunikasikan lagi kepada para staf keluarahan dan selalu memantau apakah ada perubahan atau tidak. Pihak kelurahan harus bisa mengontrol penduduknya yang tidak mendapat undangan, diharapkan untuk tidak datang. Namun hal ini bisa diatasi oleh panitia, mengingat sembako yang masih lebih. Saat penyewaan DVD seharusnya di check terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau tidak, agar tidak terjadi hal seperti itu lagi.

b)     Laporan pertanggung jawaban oleh sie Konsumsi

Tanggal
Waktu
Lokasi
Keterangan
21–12 –2013
07.00
Aula Balai Desa Jugo
Ø  Penyediaan 1 galon aqua untuk minum panitia dan relawan

11.30
Aula Balai Desa Jugo
Ø  Konsumsi panitia dan relawan menggunakan dana pribadi (iuran) untuk membeli nasi kotak, kue, dan air mineral.
Ø  Menu nasi kotak : nasi putih, ayam goreng, mie goreng dan tumis tahu tempe.
Ø  1 kotak kue panitia : kue isi pisang keju dan Bluberi
Ø  1 kotak kue relawan: kue isi pisang coklat

13.00
Aula Balai Desa Jugo
Ø  Kue peserta sejumlah 52 kotak
Ø  Masing- masing mendapat 1 kotak berisi 1 kue coklat keju dan 1 air mineral

13.30
Aula Balai Desa Jugo
Ø  Pembagian snack kepada para peserta dan panitia untuk camilan nonton film bersama
Ø  Snack : Twisko, stik potato, stik balado, bidaran manis

            Pada saat rombongan Basoka datang ke lokasi bakti sosial yaitu Desa Jugo kelurahan Mojo kabupaten Kediri tim konsumsi menyediakan satu galon aqua dan gelas plastik untuk minum panitia dilokasi. Teknik pembagian konsumsi saat ishoma oleh tim konsumsi dengan cara memanggil satu persatu nama panitia dan relawan yang telah membayar iuran untuk konsumsi sebesar Rp. 7000,00. ditambah dengan sumbangan kue dari panitia untuk mendapat nasi kotak, kue, dan air mineral gelas. Saat pembagian konsumsi ada kerancuan data antara tim konsumsi dan bendahara yang bertugas mencatat siapa saja yang telah membayar sehingga ada satu relawan yang tidak mendapatkan nasi kotak dan uang dikembalikan. Dan juga tim konsumsi lupa tidak mengganggarkan satu kotak konsumsi untuk kepala desa amun akhirnya diambilkan dari nasi kotak salah satu tim konsumsi.
            Setelah ishoma selesai, pada jam 13.00 peserta bakti sosial dari SD JUGO 1, 2, dan 3 hadir berkumpul di Aula Balai Desa Jugo untuk mengikuti kegiatan nonton bareng film Laskar Pelangi. Setelah berkumpul di aula dan absen peserta mereka mendapatkan satu kotak kuedan satu gelas air mineral. Disela- sela menonton film tersebut tim konsumsi mengedarkan  empat jenis snack yang sudah ditaruh dipiring- piring kepada peserta, panitia, dan relawan untuk camilan saat menonton film. Kue, snack dan air mineral peserta  dibeli dari hasil pengumpulan dana Universitas Brawijaya ditambah sumbangan Snack dari panitia.
Ø  Anggaran Dana Konsumsi
1.      Rincian penggunaan dana
v  Pemasukan
No.
Pemasukan
Jumlah
1.
Dana Basoka
Rp. 400.000
2.
Iuran panitia dan relawan @7000 x 52

Rp.  364.000
Total
Rp. 764. 000

v  Pengeluaran Dana

No
Pengeluaran
Jumlah
1.       
Aqua 2 dus @ Rp. 22. 000 x 2
Rp.            44.000
2.       
Nasi kotak panitia dan relawan @7000 x 52
Rp.           364.000
3.       
Snack
Rp.           168.000
4.       
Kue peserta dan panitia
Rp.           168.000
5.       
1 galon aqua
Rp.            15.000
6.       
Kresek
Rp.              5.000
Total
Rp.          764.000

c)      Laporan pertanggung jawaban oleh sie Kesekertariatan

Pemasukan berupa dana dan sembako diperoleh dari sumbangan mahasiswa, dosen, maupun pihak – pihak yang ada di kampus Universitas Brawijaya. Sumbangan tersebut diperoleh dari kegiatan panitia yaitu sosialisasi masuk kedalam kelas jurusan IPA maupun IPS. Panitia membentuk dua tim yaitu tim IPA untuk sosialisasi dijurusan IPA dan tim IPS untuk sosialisasi dijurusan IPS. Bentuk kegiatan tersebut berupa sosialisasi menginformasikan program Bakti Sosial Himanika 2013, mengajak audience untuk simpati terhadap sasaran kegiatan ini melalui pemutaran video yang berisi kegiatan divisi Humas ketika survey lokasi dan kondisi warga desa Jugo. Setelah pemutaran video setiap anggota membawa kardus untuk meminta sumbangan seikhlasnya dari setiap kelas yang telah diadakan sosialisasi.
-          Berikut data pemasukan sumbangan partisipasi dari jurusan IPS dan IPA
Ø  IPS

No
Nama Fakultas
Sumbangan
1
FIA Bisnis 1
Rp     109.000,00
2
FIA Bisnis 3
Rp     116.000,00
3
FIA Bisnis 5
Rp     140.000,00
4
FIA Publik 1 A
Rp     131.400,00
5
FIA Publik 1 B
Rp       42.000,00
6
FIA Publik 3
Rp     183.000,00
7
FH 1
Rp     105.500,00
8
FH 3
Rp       77.900,00
9
FH 5
Rp     143.600,00
10
FEB 2013
Rp     141.000,00
11
FEB 3A
Rp       59.700,00
12
FEB 3B
Rp     122.000,00
13
FEB 5
Rp     125.300,00
14
FISIP 1 A
Rp       64.800,00
15
FISIP 1 B
Rp     178.600,00
16
ILKOM 2012
Rp       64.800,00
17
HI Semester 3
Rp     104.500,00
18
Desty Pinasti ILKOM 2013
Rp     200.000,00
19
Tasya HI 2012
Rp       20.000,00
20
No Name
Rp     150.000,00
21
No Name
Rp          8000,00
22
Dosen IPS muda
Rp     202.000,00
23
HIMANIKA
Rp     798.000,00
24
Asisten dosen Ilkom
Rp       50.000,00
25
Dosen Ilkom
Rp     115.000,00
26
Komunikasi 2012
Rp       30.000,00
27
Komunikasi 2011
Rp     103.000,00
28
Barter (sisa beras 5kg)
Rp       50.000,00
Jumlah
Rp  3.635.600,00

Keterangan :
-          FIA Publik semester 5, panitia memasuki kelas tidak membawa kardus sosialisasi  sehingga hasilnya hanya menyumbang berupa sepatu dan sembako yang diserahkan kepada kesekertariatan beberapa hari kemudian setelah sosialisasi (Jeni + Adi Ilkom Semester 5).
-          FEB 1 B, panitia tidak bisa memasuki kelas dan tidak menemukan jadwal senggang (Elin Ilkom Semester 5)
-          FEB 5 Finance, panitia tidak bisa memasuki kelas dan tidak menemukan jadwal senggang (Desi  Ilkom Semester 5)

Ø  IPA + (2 mahasiswi dari IPS)

No
Nama Fakultas
Sumbangan
1
FK 3 AB + PTIIK 3
Rp       257.000,00
2
PTIIK 5
Rp       226.300,00
3
FK 1 B + PTIIK 1 B
Rp       380.000,00
4
FTP 5
Rp         71.000,00
5
FTP 3
Rp         75.000,00
6
Agribisnis 3
Rp         76.000,00
7
PTIIK 1A
Rp       218.500,00
8
FTP 1
Rp       203.500,00
9
FPIK 1
Rp       167.000,00
10
FK 1 A
Rp       223.300,00
11
Agribisnis 3 + Agroeko
Rp       105.700,00
12
FPIK 3 + FPIK 5
Rp       196.000,00
13
Agroeko 2012
Rp         52.000,00
14
FK 2011
Rp       173.000,00
15
FP 1 A
Rp       210.000,00
16
FP 1 B
Rp       104.000,00
17
No Name
Rp           1.900.00
Jumlah
Rp    2.741.450,00

Jumlah IPA dan IPS = Rp 6.377.050
-          Sumbangan baju layak pakai dari mahasiswa IPA dan IPS
1.      Baju anak – anak   = 72 potong
2.      Baju remaja                       = 190 potong
3.      Baju dewasa                      = 152 potong
4.      Baju Free               = 96 potong (Celana Jeans, Kerudung, Seragam Sekolah, Topi
                                       Sekolah, Dasi Sekolah, Seprei) 
Keterangan :
Untuk pembagian baju layak pakai panitia membuat 4 jenis kupon yaitu
1.      Kupon baju anak – anak         : 50 kupon (1 orang dapat 1 baju anak- anak)
                                                  sisa 22
2.      Kupon baju remaja                  : 50 kupon (1 orang dapat 3 baju remaja)
                                                  sisa 40
3.      Kupon baju dewasa                : 50 kupon (1 orang dapat 2 baju dewasa)
                                                  Sisa 2
4.      Kupon baju free                      : 46 kupon (1 orang dapat 2 baju free)
                                                    4 kupon (1 orang dapat 1 baju free)
Total sisa 64 baju (22 baju dewasa, 40 baju remaja, dan 2 baju dewasa) diserahkan ke pengurus kelurahan Desa Jugo untuk diserahkan kepada orang yang membutuhkan lainnya.             
-          Sumbangan beras total 48 kg dari kelas IPA dan IPS
1.      Pemasukan beras sampai tanggal 18 Desember sebesar 35 kg
2.      Pemasukan beras sampai tanggal 19 Desember sebesar 8 kg
3.      Pemasukan beras sampai tanggal 20 Desember sebesar 5 kg
-          Keterangan :
-          Pemasukan beras sampai tanggal 18 yaitu sebesar
10 + 25 kg = 35 kg
dikurangi 5 kg dijual seharga 50.000
Jadi sisa 30 kg : 50 = 0,6 kg dicampur pada saat pengemasan tanggal 18 Desember sehingga per orang mendapatkan 4,6 kg . 
-          Dapat pemasukan beras lagi tanggal 19 Desember sebesar 3+ 5= 8kg , sehingga menambah 2 paket sembako
-          Dapat pemasukan beras lagi tanggal 20 Desember sebesar 5 kg, beras tersebut diserahkan ke pengurus kelurahan desa Jugo untuk diserahkan warga yang kurang mampu.
-          Sumbangan Mie Instan
Mie Instan dari sumbangan 150 bungkus 
Dari pembelian (dana sumbangan)      = 4 kardus (200bungkus)
Jadi 150 + 200 = 350 : 50 = 7
Setiap orang mendapatkan 7 bungkus yaitu 3 bungkus dari sumbangan dan 4 bungkus dari pembelian dana sumbangan
-          Sumbangan sabun mandi = 1 batang
Keterangan :
Sabun diberikan untuk hadiah games anak – anak SDN Jugo
-          Sumbangan Sepatu + Sandal bekas layak pakai = 5 pasang
Keterangan:
Diserahkan ke pengurus kelurahan desa Jugo untuk anak – anak yang membutuhkan sepatu dan sandal.
-          Sumbangan Buku Bacaan               = 3 buku
Keterangan:
3 buku bacaan untuk hadiah games anak – anak SDN Jugo
-          Sumbangan Susu Milk Ultra           = 60 botol
Susu 60 botol diberikan 52 anak, sisanya 8 untuk hadiah games anak – anak SDN Jugo
-          Sumbangan Buku Tulis        = 10 biji
Keterangan :
10 biji dikurangi 4 biji untuk penambahan dalam pembagian buku UAN sehingga sisa buku menjadi  6 biji untuk hadiah games anak – anak SDN Jugo.
-          Sumbangan Bolpoint                        = 1 pacs
v  GAMES :
Karena persiapan panitia terakhir tanggal 18 Desember, dana dari tanggal 19 sampai 20 dialokasikan untuk acara games agar adik – adik tidak merasa bosan dalam acara nonton bareng Laskar Pelangi.  Panitia Terakhir melakukan persiapan tanggal 18 Desember karena tanggal 19 dan 20 Desember panitia ada kuliah dari pagi sampai malam.
Keterangan (pengeluaran games + penambahan buku tulis untuk pembagian bersama buku UAN) :
  1. 4 lusin (48 biji) buku tulis x @15.000 : Rp 60.000,00 (penambahan 48 buku tulis untuk pembagian bersama buku UAN)
  2. 4 pacs (48 biji) bolpoint    x @12.000                   : Rp 42.000,00 (penambahan 48 bolpoint untuk pembagian bersama buku UAN)
  3. 4 kotak pensil      x @3.500                            : Rp 14.000,00 (hadiah games)
  4. +
     
    2 kertas kado       x @600                               : Rp   1.200,00 (hadiah games)
                                                                                     
                                                                                      Rp 117.200,00
v  Penambahan hadiah games sisa dari sumbangan :
-          1 batang sabun
-          8 botol susu utra milk
-          3 buku bacaan
-          6 biji buku tulis
-          8 biji bolpoint
-          4 kotak pensil
-          2 kertas kado pembungkus hadiah
v  Kekurangan dan Saran
No
Masalah
Faktor Penyebab
Solusi
1.
Waktu jaga yang tidak optimal
ü  Jadwal jaga yang berbenturan dengan waktu kuliah
ü  Optimalkan setiap waktu jaga pada setiap shift
ü  Apabila ada yang menyalurkan dana, dialihkan sementara ke Kesekretariat kampus (Akademik)
2.
Tidak bisa menjangkau semua elemen kampus
ü  Untuk IPA tidak bisa menjaga , karena letak kampus yang berbeda
ü  Untuk setiap warga kampus yang akan menyalurkan dana dikoordinir oleh ketua kelas, selanjutnya kami menyediakan jasa kurir untuk menjemput apabila ada yang ingin menyumbang lagi.

No.
Saran
1.
Lebih Mengatur shift jadwal jaga dengan melihat jadwal kuliah setiap anggota
2.
Untuk komunikasi dengan warga desa lebih baik sebagai panitia lebih aktif dalam melakukan koordinasi dengan pihak desa

d)     Laporan untuk dokumentasi kegiatan


e)     Penutup
       
        Secara keseluruhan acara BASOKA “Bakti Sosial Himanika) berjalan lancar dan dapat dipertanggung jawabkan walaupun masih banyak kekurangan. Laporan pertanggung jawaban ini disusun berdasarkan kejadian real di lapangan.
        Demikian laporan pertanggunng jawaban ini, semoga dapat diterima dan bisa dijadikan bukti pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Himanika Universitas Brwaijaya Kampus IV Kediri.


Mengetahui,

Pembimbing Akademik Ilmu Komunikasi                         Sekretaris BASOKA




Desi Dwi Prianti                                                                 Agustina Wulansari






Lampiran 1
DATA PENDUDUK PENERIMA BANTUAN

A.    DESA SAMBIROTO

No
Nama
Keterangan (RT/RW)
Keterangan hadir
1
Mukiyi
21/03
ü   
2
Warsini
21/03
ü   
3
Toyo
22/03
ü   
4
Miseri
22/03
ü   
5
Sumiati
24/03
ü   
6
Sami
24/03
ü   
7
Tesno
17/03
ü   
8
Saman
17/03
ü   
9
Yarmudi
18/03
ü   
10
Supiyah
18/03
ü   
11
Sulastri
18/03
ü   
12
Suji
19/03
ü   
13
Romiriyeb
19/03
ü   
14
Suratemi
20/03
ü   
15
Marmi
20/03
ü   
16
Supi
-
ü   
17
Katiyem
-
ü   


B.     DESA JUGO

No
Nama
Keterangan (RT/RW)
Keterangan hadir
1
Koerah
08/05
ü   
2
Katemin
08/05
ü   
3
Tumijah
09/05
ü   
4
Lasiyem
09/05
ü   
5
Sarti
10/05
ü   
6
Sumarti
10/05
ü   
7
Kusnan
11/05
ü   
8
Supinah
11/05
ü   
9
Mulyono
11/05
ü   
10
Misri
12/05
ü   
11
Paimun
12/05
ü   
12
Marisah
13/05
-
13
Buseni
13/05
-
14
Kasiyem
14/05
-
15
Meseran
14/05
-
16
Tanem
15/05
-
17
Nanik
15/05
ü   
18
Parti

ü   


C.    DESA BESUKI

No
Nama
Keterangan
(RT/RW)
Keterangan hadir
1
Muji

ü   
2
Poniyem

ü   
3
Misri
RT 01
ü   
4
Paerah

ü   
5
Marten

ü   
6
Suratemi

ü   
7
Sinem

ü   
8
Saporah

ü   
9
Liyep

ü   
10
Leyam

ü   
11
Suratin

ü   
12
Juminten

ü   
13
Parti
RT 07
ü   
14
Musri
RT 11
ü   
15
Simis

ü   
16
Misinah

ü   
















Lampiran 3
DAFTAR NAMA PARTISIPAN BASOKA
No
Nama
Fakultas/ jurusan
1
Dimas Niko
FISIP (ilkom 5)
2
Ekki Angga
FISIP (ilkom 5)
3
Febik Faradhila
FISIP (ilkom 5)
4
Putri Esthi Paramarta
FISIP (ilkom 5)
5
Rifky Alfian Hadi
FISIP(ilkom 5)
6
Rocky Ardhana
FISIP (ilkom 5)
7
Yosep Krisna Putra
FISIP (ilkom 5)
8
Habib Mukhtar
FISIP (ilkom 5)
9
Pratama Tinggang
FISIP (ilkom 5)
10
Beny
FISIP (ilkom 3)
11
Kiky Putra
FISIP (ilkom 3)
12
Galih Yudha
FISIP (ilkom 3)
13
Rizal
FISIP (ilkom 3)
14
Bayu
FIA
15
Ivan
FISIP (HI)
16
Eight Sandhy w.p
FISIP (ilkom 3)
17
Rendra
FIA
18
Edo
FISIP (ilkom 1)
19
Mia
FH
20
Rara
FISIP (psikologi)
21
Nadia
FISIP (psikologi)
22
Intan
FISIP (psikologi)
23
Lani
FISIP (psikologi)
24
Anisa
FISIP (psikologi)
25
Nia
FISIP (psikologi)
26
Dita
FISIP (psikologi)
27
Afrin
FISIP (psikologi)
28
Fauzan
FISIP (ilkom)
29
Dede
FEB (manajemen)
30
Linggar
FEB (manajemen)
31

FK (keperawatan)
32
Farid
FIA
32
Fita
FISIP (ilkom 3)

lampiran
kupon anak-anak = kupon anak-anak
kupon free = kupon free
kupon dewasa = kupon dewasa
kupon remaja = kupon remaja

absensi = absensi
absensi SDN jugo = absensi SDN jugo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar